10 latihan yang dapat dilakukan saat mengemudi

03Des08

1. Melipat dagu: Sambil melihat lurus ke depan, lipat dagu anda ke arah dalam (seakan-akan anda sedang berusaha membuat dagu menjadi dua sambil menggerakkan belakang kepala ke sandaran kepala). Jangan menoleh ke atas atau ke bawah saat melakukan latihan ini.
Latihan ini mengurangi ketegangan pada leher. Latihan ini juga mencegah postur kepala ke depan dan memberikan kesegarisan tulang belakang yang baik.

2. Menggerakkan bahu: Gerakkan bahu anda ke atas, ke belakang, ke bawah dan berputar. Ulangi sekurang-kurangnya 10 kali.
Otot-otot ini sering menegang saat mengemudi dan latihan ini membantu mengurangi ketegangan pada leher dan tubuh bagian atas.

3. Pernapasan diafragma: Letakkan tangan anda di perut, tarik napas pelan dan dalam, rasakan perut yang mengembung saat menarik napas dalam. Dada bagian atas dan leher harus tetap relaks selama perut mengembung. Kemudian buang napan pelan-pelan melalui kedua bibir sambil mendesis.
Latihan ini akan merelaksasikan otot-otot leher dan punggung.

4. Menggerakkan leher ke kanan kiri : Gerakkan leher ke kanan, seakan-akan telinga akan meyentuh bahu kanan anda. Tahan posisi ini selama 10 detik, dan kemudian ulangi untuk sisi yang lainnya.
Latihan ini membantu meregangkan leher dan mempertahankan gerak leher yang benar.

5. Putar leher: Sekarang gerakkan leher ke kanan, seakan-akan hidung anda hendak menuju belakang bahu anda. Tahan posisi ini selama 10 detik, dan kemudian ulangi untuk sisi yang lainnya.
Latihan ini juga membantu meregangkan leher dan mempertahankan gerak leher yang benar.

6. Maju mundurkan panggul: Putar panggul ke depan (untuk meningkatkan lengkungan punggung bawah), kemudian putar kembali panggul ke posisi netral.
Latihan ini membantu melonggarkan otot-otot punggung bawah.

7. Gerakkan panggul ke satu sisi bergantian : Pindahkan seluruh berat badan anda ke panggul sisi kanan dan angkat sedikit panggul sisi kiri anda dari kursi. Anda akan merasakan bahu kiri dan panggul kiri anda seakan-akan saling mendekat. Ulangi gerakkan ii untuk sisi yang lainnya.
Latihan ini juga membantu melonggarkan otot-otot punggung bawah.

8. Menekan bokong: tekan dan peras otot-otot bokong bersamaan. Tahan posisi ini selama 10 detik kemudian relaks.
Latihan ini akan membantu engencangkan bokong dan juga mencegah kebosanan saat mengemudi.
9. Pompa pergelangan kaki: Gerakkan pergelangan kaki anda ke atas dan ke bawah sekurang-kurangnya 10 kali. Anda juga dapat memutar pergelangan kaki anda searah atau berlawanan arah jarum jam.
Latihan ini akan membantu ketegangan pada tungkai bawah dan kaki.

10. Berhenti dan berjalan: Saat kita mengemudi, latihan yang terbaik adalah sesering mungkin anda berhenti dan berjalan sekurang-kurangnya 5-10 menit. Anda bisa berjalan sambil meletakkan ke dua tangan anda di pinggang dan berdiri dengan punggung di lekukkan ke belakang.



2 Responses to “10 latihan yang dapat dilakukan saat mengemudi”

  1. Promosikan artikel anda di http://www.infogue.com. Telah tersedia widget shareGue dan pilihan widget lainnya serta nikmati fitur info cinema, Musikgue & game online untuk para netter Indonesia. Salam!
    http://otomotif.infogue.com/10_latihan_yang_dapat_dilakukan_saat_mengemudi

  2. Iya deh kalau sudah beli mobil akan dipraktekkan🙂.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: