Olahraga bikin pintar…?

03Des08

Dalam suatu penelitian dari 20 orang usia 18-24 tahun yang diprogramkan olah raga,
kemudian dilakukan rekaman gelombang otak dengan alat EEG,dan kemudian mereka harus menyelesaikan suatu uji computer yang lebih sulit dari pada mereka yang tidak berolahraga.
Hasil EEG menunjukkan ada peningkatan kecepatan gelombang otak untuk pengambilan keputusan pada kelompok yang berolahraga.
Tampak bahwa pada kelompok yang berolahraga kecepatan gelombang otak 35 millisecond lebih cepat daripada yang tidak berolahraga. Selain itu pada kelompok yang berolahraga, jawaban terhadap testnya lebih akurat dan tepat dibandingkan dengan kelompok yang tidak berolahraga.

Jadi dengan berolahraga, aktivitas kerja otak akan lebih baik sehingga kita akan lebih pintar.

Selain itu, olah raga, baik dalam kelompok atau sendiri, merupakan cara yang terbaik untuk bisa gembira.
Jika kita merasa beban kerja di kantor terlalu berat, tekanan dari atasan, keluarga atau teman terlalu banyak, atau kita merasa sedih maka dengan berolah raga dapat sangat membantu kita merasa lebih bergembira. Hal ini terjadi karena dengan berolahraga, tubuh kita akan mengeluarkan endorphin, yaitu suatu zat kimia yang diproduksi oleh otak yang membuat kita merasa senang, gembira.
Selain itu,saat kita menarik napas dalam saat berolahraga dan membawa lebih banyak udara keparu-paru, maka otak akan mendapatkan ekstra oksigen yang tentu saja sangat baik untuk kelangsungan hidup jaringan otak. Dan saat kita beraktifitas maka tentu saja sulit bagi kita untuk memikirkan hal-hal yang berat yang sangat mengganggu dan membosankan kehidupan kita.



No Responses Yet to “Olahraga bikin pintar…?”

  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan komentar